Terinspirasi Dari Sindiran Teman, Inilah Cara Unik Gugun Membangun Motivasi Diri Untuk Terus Berkem

Bertugas sejak Desember 2016, Gugun Gunawan adalah salah satu sprinter J&T Express yang tangguh, Ia memegang tanggung jawab mengantarkan paket untuk area Kalimulya, Depok, Jawa Barat. Selang satu tahun, Gugun berfokus kepada pengaturan pick-up paket serta mengatur waktu penjemputan dengan rekan satu tim nya guna menjaga pelayanan tetap berjalan baik.

Memiliki keterbatasan pada kaki akibat kecelakaan yang pernah dialami beberapa tahun silam, membuat Gugun sempat vakum bekerja cukup lama, awalnya ia dapat berjalan seperti orang pada umumnya, namun kemampuan berjalan pada bagian kaki sudah tidak seperti dulu karena cidera serius yang di alaminya. Hal itu membuat Gugun merasa sangat tertekan, namun ia tidak ingin larut dalam situasi tersebut.

Dalam menjalani pekerjaannya, Gugun sering disebut “Oon” yang berarti ceroboh oleh teman-temannya, seakan menjadi sebuah sindiran. Menariknya, selama bekerja di J&T Express Depok, Gugun mempunyai gaya sendiri dalam memotivasi dirinya, yaitu dengan mengubah stigma negatif dengan memaknai kata Oon menjadi sesuatu yang positif.

Kata itu dia ubah menjadi 3 kata; OTAK, yaitu selalu berfikir secara positif dalam melakuan hal atau tidakan agar terwujudnya semua keinginan dan harapan demi kesusksesan. OTOT, yaitu kemampuan tenaga yang kita punya bisa kita dipergunakan semaksimal mungkin agar sampai di satu titik tujuan yang diharapkan. NYALI, yaitu keberanian, penuh tanggung jawab, jujur, dan disiplin terhadap pekerjaan dalam setiap mengambil keputusan, selalu siap dan mempertimbangkan resikonya yang akan terjadi.

“Karena teman saya sering melontarkan kata Oon kepada saya, kemudian saya terinspirasi untuk mengembangkan artinya menjadi positif buat diri saya” ungkap Gugun.

Dorongan serta support dari keluarga dan kerabat yang membuat ia tidak patah arang. Tanggung jawab serta kejujuran adalah prinsip kerja yang ia terapkan pada dirinya, ia terapkan selama bertugas di J&T Express serta disiplin diri dalam menjalankan tugas sesuai standart operasional procedure.

Tak disangka, motivasi positif penguat tekadnya, membawa gugun berhasil membangun kontrak kerjasama dengan beberapa online shop yang dan merangkul menjadi customer VIP hingga membuat suatu peningkatan yang berpengaruh bagi Drop Point (DP) tempat ia bekerja.

Capaian itu tak membuat Gugun angkat kepala, dia selalu menunjukkan atitut yang baik, dari pengalamannya itu, ia juga selalu berbagi motivasi serta pengaruh positif kepada seluruh rekan kerjanya untuk selalu bertugas tanpa mengesampingkan aturan aturan yang berlaku.

“Delivery bukan sekedar ‘yang penting paket habis’, tapi harus memberikan pelayanan serta attitude yang baik kepada customer”, tegas Gugun.

Berkat kecakapannya dalam bekerja, kini ia dipercaya untuk memegang tanggung jawab sebagai Supervisor DP Cilodong dan Kostrad.  Motivasi diri ini tidak pernah dia lupakan, harapannya bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.