Kunjungi Kampus ITHB, J&T Express Paparkan Revolusi Logistik Industri 4.0

 

Berbeda dengan roadshow kampus to kampus pada tahun-tahun sebelumnya, pada akhir Januari ini J&T Express mengunjungi salah satu kampus yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat untuk berpartisipasi dalam kegiatan seminar “Peran Sumber Daya Manusia dan Teknologi dalam Mengembangkan Sistem Logistik Indonesia di Era Industri 4.0” yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Harapan Bangsa pada 31 Januari 2020.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 partisipan terdiri dari dosen dan mahasiswa dari berbagai kampus ini digelar dengan harapan mahasiswa dapat mengetahui peranan sumber daya manusia dan teknologi dalam mengembangkan sistem logistik di era industri 4.0, memiliki wawasan mengenai kebutuhan industri logistik 4.0 akan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia, serta memberikan informasi mengenai karakteristik sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam industri logistik dengan mengundang J&T Express sebagai perusahaan ekspres yang mengedepankan teknologi dan turut berpartisipasi di era digital 4.0.

Dalam sesi 30 menit, Yohanes Lim selaku Cargo and Operations Manager J&T Express sebagai praktisi di bidang logistik memaparkan keunggulan pemanfaatan teknologi seperti Artificial Intelligence dan internet of things dalam proses pengoperasian dan distribusi paket dalam jasa pengiriman ekspres dimulai dari proses unloading paket hingga proses pengantaran serta bagaimana J&T Express menghadapi tantangan di era industri 4.0.

“Banyak sekali tantangan di era 4.0 dimana semua menggunakan sistem dan teknologi terutama kemajuan yang bersifat revolusioner. Namun di satu sisi penggunaan teknologi dalam industri logistik sangat membantu optimalisasi efisiensi serta efektivitas seperti saat ini J&T Express yang terus mengimplemetasi teknologi terbaru dalam bisnisnya. Dalam kesempatan ini kami dapat berbagi sedikit implementasi teknologi digital yang kami terapkan dalam operasional kami ke generasi muda” ujar Yohanes.

J&T Express sendiri sejak awal berdiri pada 2015 hingga sekarang terus didukung dengan peralatan dan perlengkapan teknologi terupdate yang mumpuni dari sisi operasionalnya. Dimulai dari sistem real time tracking, penggunaan mesin sortir otomatis yang dapat mensortir ke 108 destinasi dalam satu putaran, fasilitas regulated agent di gudang sortir hingga pembangunan megahub yang akan difasilitasi dengan teknologi yang semakin mumpuni.

Dengan adanya kesempatan ini sebagai praktisi di bidang logistik, J&T Express membagikan tips dan trik dalam menghadapi revolusi industri 4.0 kepada mahasiswa yang memang mendalami ilmu teknologi khususnya kota Bandung.