Kirim Paket Express Tanpa Khawatir

 

 

Pengiriman cepat dan paket sampai dengan aman? Tentu itu harapan semua orang ketika mengirim paket. Tapi tidak sedikit juga yang tidak sesuai harapan, tidak jarang paket terlambat sampai di tempat tujuan, bahkan paket sampai dalam bentuk yang tidak lagi sempurna.

Faktor kejadian ini kerap diartikan sebagai kesalahan dari pihak express, ya memang perusahaan express harus selalu menjaga pelayanan dan sistemnya terus menerus karena bisnis jasa pengiriman memerlukan konsistensi pelayanan yang tinggi. Namun konsumen pun perlu memastikan telah mengikuti prosedur yang sebaiknya di lakukan. Berikut beberapa tips mengirim paket dengan aman, jelas dan cepat.

1.  Cari Tahu dan Kenali Jasa Express Anda

Sebagai konsumen kita memiliki hak untuk memilih jasa express yang digunakan, jadi sebelum mengirim paket ada baiknya mencari tahu reputasi dan sistem pengiriman jasa express yang akan Anda gunakan seperti estimasi pengiriman, tarif, dan jangkauan area. Penting juga untuk mencari tahu kontak yang dapat dihubungi jika sewaktu-waktu ada masalah pada paket Anda, sehingga Anda tau kemana harus mengadukannya.

2.   Kemas paket Anda Dengan Baik dan Aman

Isi paket kita pastinya sangat berharga, guna menjaga isi paket dari kerusakan sebaiknya mengemasnya dengan baik. Misalnya Anda ingin mengirim kue kering, lebih baik melapisi toples nya dengan plastik bubble sebelum di kemas dengan kotak agar tidak mudah terkena tumpukan berat. Jika Anda masih cukup khawatir, gunakan layanan asuransi untuk menjamin paket Anda jika terjadi kehilangan atau kerusakan.

3.  Tuliskan Keterangan Alamat Lengkap

Jangan anggap Kurir maha mengetahui, alamat penerima yang kurang lengkap kadang akan menyulitkan kurir untuk mengantarkan paket, hal ini cenderung akan memperlambat masa pengiriman. Sebaiknya Anda melampirkan keterangan penerima dengan lengkap seperti RT/RW, kodepos, serta nama blok jika alamat berada di daerah komplek. Sertakan pula nomor telepon penerima agar dapat dihubungi oleh kurir jika kesulitan menemukan alamat.

4.   Simpan Nomor Resi dengan Baik

Setelah mengirim paket kita hanya tinggal menuggu paket diantar, jangan lupa simpan bukti transaksi yang menyertakan nomor resi, agar Anda dapat mencari tahu status keberadaan paket Anda. Beberapa jasa express telah menyediakan fasilitas tracking paket, nomor resi juga berfungsi sebagai nomor yang dapat kita laporkan jika pengiriman kita bermasalah.

J&T Express adalah salah satu jasa express yang menyediakan sistem tracking bagi pelanggannya, sistem tracking mandiri ini agak berbeda dengan jasa express pada umumnya. Fasilitas tracking ini memungkinan pelanggan dapat mengetahui  status, detail keberadaan paket, hingga nama penerima paket. J&T Express juga memberikan fasilitas E-tracking information, informasi dalam bentuk SMS yang diterima otomatis setelah melakukan pengiriman, adapun informasi yang diberikan berupa status dan nomor resi kepada pengirim dan penerima paket. Sungguh memudahkan konsumen bukan?